Cara Budidaya Jagung Hidroponik Dengan Mudah (Lengkap)

Cara Budidaya Jagung Hidroponik

Budidaya Jagung Hidroponik

Menanam Jagung Hidroponik – Jagung merupakan salah satu tanaman tropis yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia, karena jagung termasuk tanaman yang mudah di tumbuh di segala kondisi dan sangat mudah menyesuaikan dengan kondisi lingkungannya, baik dari segi curah hujan, suhu dan lain sebagainya.

Walaupun kebanyakan petani menanam jagung, namun Pada kenyataannya Indonesia masih mengalami kekurangan jagung. Buktinya adalah Indonesia masih terus mengimpor jagung dari luar negeri. Dengan kekurangan tersebut dapat dijadikan sebagai peluang petani untuk meningkatkan produksi jagung mereka.

Ada banyak cara untuk meningkatkan produksi jagung baik dengan meningkatkan lahan jagung, mengembangkan varietas jagung yang berkualitas tinggi hingga menggunakan teknologi canggih saat ini dan Anda juga dapat mencoba untuk membudidayakan jagung secara hidroponik.

Baca Juga Yah: Cara Budidaya Jagung Dengan Hasil Melimpah

Cara Budidaya Tanaman Jagung Dengan Sistem Hidroponik

Menurut Wikipedia Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Sehingga dengan membudidayakan jagung dengan hidroponik tidak membutuhkan lahan yang begitu luas.

#1 Langkah 1: Menyiapkan Media Tanam dan Benih Jagung

Media tanam yang dapat digunakan untuk memulai menanam jagung dengan sistem hidroponik adalah pasir, kerikil, bedak kayu bahkan pecahan genteng. Namun kami disini menyarankan pasir karena pasir dapat membunuh hama secara alami karena hama merupakan musuh terbesar dari jagung.

#2 Lankah 2: Menanam Benih Jagung

Setelah media tanam sudah siap Anda tinggal menaruh media tanam pada tempat yang kuat dan dapat menahan jagung ketika sudah besar. Kemudian menanam bibit jagung pada media tanam yang telah disediakan. Usahakan menggunakan bibit jagung bersertifikat karena kualitasnya sudah benar-benar terjamin.

Baca Juga Yah: Tips Memilih Bibit Jagung Yang Unggul

#3 Langkah 3: Pemberian Nutrisi dan Pemeliharaan

Pada langkah ketiga ini Anda harus memperhatikan kebutuhan air pada jagung. Jagung membutuhkan air dengan intensitas tinggi pada proses berkecambah. Dan jangan lupa cek kebutuhan air pada pagi hari dan sore hari hingga jagung siap dipanen.

Kesimpulan

Membudidayakan Jagung dengan sistem hidroponik memang tergolong mudah maupun susah. Mudahnya tidak memerlukan lahan yang begitu luas, susahnya memerlukan kesabaran dalam perawatan dengan menjaga kebutuhan air dan pemberian nutrisi. Itulah cara budidaya jagung dengan sistem hidroponik, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar