Cara Memilih Benih Padi Yang Unggul dan Berkualitas Tinggi

Cara Memilih Benih Padi Yang Unggul

Cara Memilih Benih Padi Yang Unggul

Cara Memilih Benih Padi Yang Unggul ~ Setiap petani padi tentu menginginkan hasil panen yang berkualitas dan melimpah. Salah satu faktor untuk menghasilkan hasil panen padi yang berkualitas dan melimpah adalah dengan menentukan benih padi yang berkualitas.

Sedangkan fakta nya masih ada petani yang belum mengetahui bibit tanaman padi yang terbaik dan unggul, karena hampir sebagian besar petani masih mengandalkan cara bertani tradisional yang tidak memperhatikan karakteristik benih padi yang digunakan.

Seperti apa benih padi Yang unggul? Kriteria bibit padi yang siap tanam adalah benih tanaman padi yang varietas nya bersertifikat, tingkat kemurniannya adalah 98%, daya tumbuh benih padi di atas 80%, tumbuh dengan seragam, memiliki potensi yang tinggi dan benih padi yang sehat atau bebas dari infeksi jamur.

https://petaniulung.com/cara-memperbanyak-anakan-padi/Baca Juga: Cara Memperbanyak Anakan Padi Agar Hasil Melimpah

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan yaitu bagaimana petani menguji bibit tanaman padi. Terlebih dahulu kita harus tahu dari mana biasanya petani memperoleh bibit padi. Berikut ini cara petani mendapatkan benih padi.

  • Memperoleh benih padi dari pembagian pemerintah kepada jajaran petani
  • Dengan cara membeli benih padi, jika petani ingin menanam padi hibrida
  • Menjadikan benih padi dari hasil panen sebelumnya

Bagaimana Menguji Benih Tanaman Padi Yang Layak Tanam

Pada umumnya para petani sering melakukan uji kualitas benih padi dengan cara merendam ke dalam air, dengan cara ini petani mampu memfilter benih tanaman padi yang layak untuk di tanam. Bagaimana cara melihat kriteria bibit padi siap tanam yaitu dengan mengambil benih padi yang tenggelam di dalam air dan membuang benih yang terapung pada permukaan air.

Namun hal yang dilakukan tersebut tidak seutuhnya optimal karena kita tidak mengetahui secara pasti benih yang memiliki keunggulan yang baik dan dapat tumbuh dengan seragam. Namun petaniulung.com akan memberikan tips memilih benih padi yang berkualitas tinggi dari hasil panen sebelumnya.

Tips Memilih Benih Padi Yang Berkualitas

Cara Memilih Benih Padi Yang Unggul

Pada umumnya ada 2 cara yang digunakan untuk yaitu dengan menggunakan garam dan telur serta menggunakan indikator telur dan ambu. Berikut langkah-langkahnya

Baca Juga: Cara Budidaya Tanaman Padi Dengan Hasil Melimpah

#1 Menggunakan Indikator Telur dan Abu

  • Langkah pertama siapkan wadah untuk menampung benih padi dan air
  • Masukkan air ke dalam wadah, kira volume air lebih banyak dibanding benih
  • Langkah berikutnya adalah ambil telur dan masukkan ke dalam wadah yang telah diisi air
  • Kemudian masukkan abu hingga telur terangkat kepermukaan air
  • Keluarkan telur dari wadah
  • Kemudian masukkan benih ke dalam wadah yang telah terasi air yang telah tercampur dengan abu tadi dan aduk hingga rata.
  • Langkah terakhir adalah tunggu hingga beberapa menit dan keluarkan benih padi yang terapung dan ambil yang tenggelam, itulah padi yang siap untuk di tanam.

#2 Menggunakan Indikator Telur dan Garam

  • Siapkan Wadah untuk menyimpan benih dan air
  • Masukkan air ke dalam wadah kira volume air lebih besar dari benih
  • Ambil telur dan masukkan ke dalam air kemudian isikan garam sedikit demi sedikit hingga telur terapung dipermukaan air
  • Ambil telur yang telah terapung dan masukkan benih ke dalam wadah tadi
  • Tunggu beberapa menit dan buang benih yang terapung dan ambil benih yang tenggelam yang siap untuk di tanam

Itulah artikel tentang bagaimana Cara Memilih Benih Padi Yang Unggul semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda untuk memilih padi yang berkualitas tinggi dan dapat menghaslkan hasil panen yang melimpah.

Tinggalkan komentar