Cara Menanam Lidah Buaya di Dalam Pot/Polybag Dengan Mudah

Cara Menanam Lidah Buaya

Cara Menanam Lidah Buaya – Aloe Vera atau biasa disebut dengan lidah buaya, merupakan salah satu tanaman hias herbal yang banyak di tanam oleh masyarakat Indonesia. Lida buaya di percaya memiliki manfaat untuk menetralisir udara kotor sehingga sangat cocok untuk di tanam di halaman rumah. Ciri-ciri tanaman lidah buaya yaitu memiliki daun yang runcing dan terdapat duri-duri keci di pinggir daunnya.

Lidah buaya di percaya berasal dari daratan Afrika yang banyak di jadikan sebagai tanaman obat, karena memiliki banyak kandungan yang bermanfaat dan nutrisi yang dibutuhkan untuk obat-obatan. Selain sebagai obat, lidah buaya juga dapat sebagai tanaman hias di depan rumah untuk mempercantik halaman rumah.

Bagaimana cara menanam lidah buaya? Menanam lidah buaya dapat dilakukan dengan sistem generatif yaitu mengambil buah dari lidah buaya kemudian ditanam. Selain itu lidah buaya juga dapat ditanam dengan mengambil tanaman yang kecil atau anakan Lida buaya.

Baca Juga: Jenis Tanamana Hias Penetralisir Udara Kotor Cocok Untuk Ruangan

Cara Menanam Lidah Buaya Di Dalam Pot/Polybag

Cara tanam lidah buaya di dalam pot sebenarnya tidak begitu, cara menanamnya juga hampir sama dengan menanam Lidah Buaya pada umumnya baik itu di lahan atau di Polybag. Berikut ini proses cara budidaya lidah buaya atau cara menanam lidah buaya.

Persiapan Tanam

Proses yang pertama dilakukan sebelum memulai cara menanam lidah buaya ada mempersiapkan beberapa yang diperlukan dalam proses penanaman lidah buaya. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam proses tanam lidah buaya.

  • Mempersiapkan Pot/Polybag

Yang pertama disiapkan adalah pot atau Polybag sebagai wadah tempat media tanam. Pot dan Polybag menjadi salah satu penentu keberhasilan pertumbuhan tanaman lidah buaya. Ukuran pot dapat mempengaruhi pertumbuhan Lidah Buaya. Sebaiknya anda menggunakan pot yang berukuran 20 cm agar dapat meminimalisir modal dan tempat.

  • Mempersiapkan Media Tanam

Media tanam juga menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam proses pertumbuhan tanaman lidah buaya. Agar tanaman dapat tumbuh dengan optimal dibutuhkan media tanam yang baik untuk menunjang pertumbuhan tanaman. Komposisi media yang harus anda siapkan adalah tanah, pasir dan pupuk kandang dengan komposisi 2:1:1.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Lidah Buaya Agar Tanaman Subur

  • Proses Pembibitan atau Penanaman

Proses yang selanjutnya ada fase pembibitan atau penanaman secara langsung. Dalam proses pembibitan dilakukan dengan cara vegetatif yaitu dengan mengambil anak yang tumbuh di sekitar induk atau tanaman lidah buaya yang besar. Cabut anakan Lidah Buaya hingga akar jangan sampai tersisa kemudian langsung tanamkan pada pot yang telah diisikan dengan media tanam tadi.

Dalam proses penanaman pada pot jangan menanam tanaman terlalu dalam dan jangan terlalu dangkal. Untuk idealnya tanamlah lidah buaya dengan kedalaman sekitar 10 hingga 15 cm.

Bagaimana mudah buka,  cara menanam lidah buaya di dalam pot, silahkan anda langsung praktekam di rumah yah. Agar ilmu nya tidak sia-sia. Jangan lupa di share yah agar orang lain juga dapat mengetahui nya juga. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan komentar