√ Langkah-Langkah Cara Menanam Padi Hidroponik

Cara Menanam Padi Hidroponik

Cara Menanam Padi Hidroponik – Padi merupakan salah satu tanaman yang sebagian besar hidupnya di dalam genangan air seperti sawah. Namun ternyata tahu kah anda? padi juga dapat hidup pada daerah yang kondisi kekurangan air. Teknologi baru telah ditemukan yaitu menanam padi dengan cara hidroponik sehingga memudahkan bagi anda yang ingin membudidayakan tanaman padi dengan kondisi kekurangan air dan tidak memiliki lahan yang luas. Berikut ini langkah-langkah cara menanam padi dengan sistem hidroponik.

Langkah-Langkah Cara Menanam Padi Hidroponik

#1 Siapkan Benih Padi

Tahap pertama adalah menentukan benih padi yang ingin anda budidaya kan. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penentu kualitas benih tanaman padi salah satunya adalah benih padi yang sudah bersertifikat karena benih padi yang bersertifikat terbukti berkualitas mulai dari rasanya hingga ketahanan nya terhadap serangan penyakit.

Baca Juga: Memilih Benih Padi Yang Berkualitas Tinggi

#2 Menyiapkan Wadah Untuk Pembibitan

Wadah disini digunakan sebagai tempat media tanam yang akan digunakan untuk menanam tanaman padi nantinya. Wadah yang digunakan dapat berupa bekas talangan rumah tangga atau wadah yang bersegi empat asalkan dapat menampung media tanam yang cukup.

#3 Menyiapkan Media Tanam

Media tanam yang digunakan adalah tanah yang subur yaitu memiliki kandungan unsur hara dan unsur-unsur yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman padi. Untuk standar pH nya berada pada angka 4 hingga 7.

#4 Pembibitan padi

Sebelum melakukan penanaman padi sebaiknya benih padi direndam terlebih dahulu sekitar satu malam. Setelah itu taburkan benih ke dalam wadah yang bersegi empat yang telah terisi tanah kemudian tutup benih padi yang telah disebar secara merata menggunakan tana tapi jangan terlalu tebal agar tanaman padi mudah menembus lapisan tanah nantinya.

#5 Menyiapkan Wadah Untuk Memulai Menanam Padi Secara Hidroponik

Sebelum memulai menanam padi secara hidroponik sebaiknya anda memiliki mindset jika padi dapat hidup pada genangan air seperti sawah. Sehingga nantinya anda dapat menyiapkan alat dan bahan untuk memulai cara menanam padi secara hidroponik. Alat dan bahan untuk menanam padi hidroponik yang perlu anda siapkan adalah spons kecil, botol bekas, tempat untuk menampung air, serta Styrofoam.

Cara pertama adalah cabut lah tanaman padi yang telah anda bibit sebelumnya yang telah berusia kurang lebih 20 hari, cabut hingga akarnya

Baca Juga: Cara Merawat Cabe Agar Menghasilkan Buah Melimpah

Cara kedua buatlah tempat untuk menanam bibit tadi yaitu botol bekas yang telah dipotong dengan rapi dan spons yang telah dibuatkan lubang ditengah untuk tepat akar bibit padi nantinya. Sediakan tempat dibawahnya buat diisi air dan sterofom yang dilubangi untuk dimasuki bibit padi.

Cara ketiga masukkan air secukupnya kemudian masukkan spons yang telah dilubangi tadi kedalam botol bekas yang telah dipotong sedemikian rupa sehingga spons akan basah dan akar tanaman padi akan menerima asupan air yang cukup.

#6 Proses Perawatan dan Panen

Setelah proses pembibitan tan penanaman tanaman padi hidroponik selesai tahap yang terakhir adalah tahap perawatan. Pada tahap perawatan ini anda harus menjaga tanaman agar tetap menerima cahaya yang cukup dan tunggu hingga tahap panen tanaman hidroponik.

Tujuan Penanaman Padi Secara Hidroponik

Ketika melakukan budidaya padi secara hidroponik jangan harap dapat mendapatkan hasil panen yang melimpah. Namun budidaya padi secara hidroponik ini memiliki tujuan tertentu untuk membantu budidaya padi pada lahan sawah. Berikut ini tujuan budidaya padi secara hidroponik.

  • Agar anda tahu apa perbedaan budidaya tanaman padi secara hidroponik dengan budidaya secara konvensional
  • Untuk menyusun rencana dan rancangan dalam penyuluhan teknik budidaya tanaman padi dengan cara hidroponik dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh petani
  • Menambah pengetahuan petani dalam membudidayakan padi dengan sistem hidroponik

Manfaat penanaman padi hidroponik

  • Dapat dijadikan pedoman dalam memulai usaha pertanian tentang budidaya tanaman padi
  • Dapat dijadikan hasil pemikiran untuk disumbangkan untuk dunia pendidikan
  • Dapat memberikan pengalaman terhadap masyarakat dalam budidaya tanaman padi

Tinggalkan komentar