√ Cara Mengatasi Hama Jagung dengan Mudah

Cara Mengatasi Hama Jagung

Cara Mengatasi Hama Jagung

Hampir semua orang sudah mengenal tanaman jagung, di dunia pertanian jagung merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan karena jagung terkenal dengan manfaatnya. Selain itu jagung juga terkenal dengan kemudahan beradaptasi dengan lingkungannya sekalipun itu kemarau. Namun hampir semua tanaman memiliki hama, termasuk jagung itu sendiri.

Ada beberapa hama yang sering menyerang jagung yaitu ulat daun jagung dan tikus. Mungkin Anda sudah sering mengalami jagung Anda diserang dengan kedua hama ini. Dan Anda bingung bagaimana cara mengatasi hama jagung khususnya ulat daun jagung dan tikus. Tidak jarang orang tahu bagaiman cara Membasmi hama jagung. Nah pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mengusir hama jagung.

Sebelum itu anda harus mengenali jenis-jenis hama yang dapat menyerang tanaman jagung. Dalam membudidayakan jagung ada beberapa hama yang sering menyerang jagung yaitu hama ulat daun, hama uret, hama pengerek batang dan hama ulat tongkol jagung. Berikut ini daftar hama jagung dan cara mengatasi hama jagung.

Baca Juga Yah! Cara Membudidayakan Jagung dengan Hasil Panen Yang Melimpah

Daftar Hama Jagung Dan Cara Membasmi Nya

Cara Mengatasi Hama Jagung

#1 Hama Ulat Daun Jagung

Seperti dengan namanya hama ulat daun jagung hanya menyerang pada bagian daun jagung khususnya yang masih mudah. Hama ini biasnya menyerang jagung yang masih berumun 1 bulan dan menyerang pada pagi, siang, sore dan malam. Ulat ini memakan daun jagung sebagai makanannya sehingga jangan heran jika daun tanaman jagung Anda banyak yang berlubang.

Cara Mencegah Hama Ulat Jagung

Dalam mengatasi hama jagung yang satu ini Anda dapat menyemprotkan insektisida sistemik dengan berbahan aktif imidacloprid.

Cara Mengatasi Ulat Daun Pada Jagung

Jika jagung anda sudah teranjur di serang dengan hama ini sebaiknya anda menggunakan insektisida translaminar berbahan aktif methomyl atau berbahan aktif cypermethrin dengan cara menyemprotkan pada daun pada sore hari dibawah jam 4.

#2 Hama Uret Pada Tanaman Jagung

Uret merupakan larva serangga yang menyerang tanaman jagung baik itu yang masih mudah hingga dewasa. Uret termasuk hama yang sering menyerang jagung pada hampir semua waktu baik itu pagi hari hingga sore hari.

Cara Mencegah Hama Uret Jagung

Cara terbaik dalam mencegah adanya hama uret jagung pada saat jagung sudah tumbuh sebaiknya Anda menggunakan insektisida yang khusus membasmi uret (MOSA META) Anda bisa membeli di toko pertanian terdekat.

Cara Mengatasi Hama Uret Pada Tanaman Jagung

Jika jagung anda sudah terlanjur diserang dengan hama ini sebaiknya Anda menyemprotnya dengan insektisida tabur khusus uret yaitu Marshal/Diazinon. Namun bubuk tersebut dilarutkan dalam tangki semprot 40 L (2 sendok / tangki). Kemudian disemprotkan pada tanaman.

Baca Juga Yah! Cara Mengatasi Penyakit Bulai Pada Jagung

#3 Hama Penggerek Batang Jagung

Hama penggerek batang ini di lakukan oleh serangga yang bentuknya hampir mirip dengan ulat dan memiliki ukuran badan yang kecil sehingga mudah untuk menggerogoti batang jagung hingga lubang dan memakan batang jagung dari dalam. Sehingga batang menjadi mudah kerpus dan rebah.

Cara Mencegah Hama Penggerek Batang

Untuk mencegah hama ini Anda harus menyemprotkan insektisida sistemik berbahan aktif imidacloprid pada jagung yang sudah mencapai 20 cm selama 7 hingga 10 hari untuk membunuh serangga-serangga yang dapat menyebabkan hama penggerek batang.

Cara Mengatasi Hama Penggerek Batang Jagung

Jika hama sudah terlanjur menyerang batang jagung anda harus menyemprot insektisida pada lobang yang sudah dibuat pada batang jagung.

#4 Hama Ulat Tongkol Jagung

Hama tongkol jagung dapat menyerang tongkol jagung secara langsung dan menembus isi jagung dan memakannya. Hal ini dapat menyebabkan pembusukan pada tongkol jagung dan menyebar ke biji jagung.

Cara Mencegah Ulat Tongkol Jagung

Untuk mencegah penyerangan hama ulat tongkol jagung cukup dengan disemprot insektisida sistematik sekali dalam 8-10 hari.

Cara Mengatasi Ulat Tongkol Jagung

Jika tanaman jagung sudah terserang makan atasi dengan insektisida translaminar berbahan aktif methomyl kemudian semprotkan pada tongkol jagung yang terkena penyakit.

Itulah artikel tentang beberapa hama yang umumnya dapat menyerang tanaman jagung serta cara mengatasi hama jagung tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam membudidayakan jagung dengan baik dan hasil yang melimpah.

Tinggalkan komentar