Cara Merawat Cabe Rawit Agar Panen Melimpah (Lengkap)

Cara Merawat Cabe Rawit Agar Panen Melimpah

Cara Merawat Cabe Rawit ~ Sebagai Seorang Petani Tanaman Cabe, anda harus paham betul bagaimana cara merawat taman cabe agar menghasilkan buah yang berkualitas dan melimpah. Perawatan tanaman cabe harus dilakukan secara intensif dan teratur agar hasil yang didapat memuaskan.

Kenapa membudidayakan cabe dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan? Karena cabe merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat dibutuhkan oleh ibu-ibu sebagai penambah cita rasa makanan. Dengan kata lain cabe akan terus di butuhkan hingga orang-orang berhenti makan.

Makanan yang tidak diberikan cabe akan terasa kurang nikmat, cabe memiliki cita rasa dan karakteristik sendiri. Rasanya yang begitu pedas akan selalu diinginkan oleh pencipta kuliner di seluruh Indonesia. Dalam perawatan tanaman cabe juga tidak begitu sulit dan tidak membutuhkan lahan yang begitu luas.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Daun Bidara

Cara Merawat Cabe Rawit Agar Panen Melimpah

Cara Merawat Cabe Rawit

Cabe merupakan tanaman yang sangat populer di Indonesia karena memiliki cita rasa yang super pedas sehingga sangat diinginkan oleh pencinta kuliner Nusantara, Sehingga para petani harus benar-benar memperhatikan kualitas cabe. Berikut ini cara merawat tanaman cabe.

#1 Lakukan Penyiangan Secara Berkala

Penyiangan secara berkala terhadap tanaman cabe dapat menghindarkan tanaman cabe terhadap hama dan penyakit khusus penyakit gulma. Sekali-sekali dalam merawat cabe bersihkan semak-semak dan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman cabe baik itu pasa lahan yang luas, pot atau Polybag

Karena dapat memberikan persaingan dalam memanfaatkan unsur hara yang terdapat di dalam tanah sehingga dapat mempengaruhi proses pertumbuhan cabe. Lakukan pembersihan tanaman liar yang ada disekitar cabe, sebaiknya menggunakan tangan, jangan menggunakan pestisida karena dapat memberikan pengaruh buruk pada tanaman cabe.

Dalam merawat tanaman cabe dapat dilakukan juga dengan cara menggunakan plastik mulsa. Palasik mulsa berfungsi untuk mencegah pertumbuhan tanaman liar disekitar cabe, namun petani jarang menggunakan plastik mulsa karena tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan dalam membudidayakan cabe.

Baca Juga: Cara Mengatasi Berbagai Penyakit Cabe

#2 Lakukan Pemupukan Rutin dan Teratur

Setiap tanaman membutuhkan nutrisi untuk membantu pertumbuhan. Termasuk tanaman cabe yang membutuhkan nutrisi untuk membantu pertumbuhan dan menghasilkan buah yang berkualitas. Dalam membudidayakan tanaman cabe pemupukan tidak boleh dilakukan karena dengan melakukan pemupukan akan membantu pertumbuhan tanaman cabe.

Pada umumnya petani menggunakan pupuk kimia untuk tanaman cabe, karena pupuk kimia tergolong mahal makan petani menggunakan pupuk organik dari kotoran hewan. Dalam pemberian pupuk pada tanaman cabe harus memberikan pupuk yang sesuai dan dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan.

#3 Topang Tanaman Cabe

Tanaman cabe adalah salah satu tanaman yang berbatang kecil namun memiliki tangkai yang lebat dan daun yang rimbun, sehingga tidak cabe sangat mudah lunglai dam tumbang saat terkena terpaan angin. Untuk mengatasi cabe yang timbang gunakanlah bambu untuk menopang tanaman cabe agar tidak mudah rebah.

Tancapkan potongan batang bambu didekat pohon cabe kemudian ikat menggunakan tali agar dapat membantu cabe dalam mempertahankan diri dari terpaan angin agar tidak mudah rebah.

Baca Juga: Tips dan Trik Cara Menanam Cabe Hidroponik (Lengkap)

#4 Lakukan Penyiraman Secara Teratur

Tanaman cabe tentunya membutuhkan air. Namun kebutuhan air berbeda pada saat musim hujan dan musim kemarau. Pada saat musim kemarau tanaman cabe membutuhkan air yang lebih anda sapat menyiram tanaman cabe pada pagi dan sore hari. Sedangkan pada musim hujan anda tinggal memperkirakan kapan tanaman cabe membutuhkan air.

Sebelum melakukan penyiraman anda dapat memasukkan pupuk ke dalam air yang akan digunakan. Sebelum menyiram pastikan pupuk sudah benar-benar larut dan tercampur dengan air agar lebih mudah terserap oleh tanaman cabe.

Baca Juga: Mengenali Karakteristik Hama Cabe dan Cara Mengendalikanya

#5 Memberantas Hama

Dalam membudidayakan tanaman cabe yang harus diperhatikan juga adalah hama yang dapat menyerang tanaman cabe. Hama yang menjadi musuh terbesar tanaman cabe adalah ulat, tungau, belalang, kutu daun dan lalat buah. Ulat menjadi hama yang sering menyerang daun cabe hingga daun cabe habis dan hanya tersisa tangkai daun.

Untuk cara mengatasi hama pada cabai anda dapat menggunakan insektisida khusus hama yang menyerang tanaman cabe. Tungau dapat menyebabkan daun cabe tergulung dan keriting untuk cara mengatasi nya cukup gunakan dengan insektisida khusus tungau, Dan sebagai.

Itulah lima Cara Merawat Cabe Rawit, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam membudidayakan tanaman cabe agar dapat menghasilkan buah yang berkualitas dan melimpah. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih. Salam Tani.

Sumber Referensi: Mediatani.co

Tinggalkan komentar