√ Cara Merawat Daun Sirih Agar Menghasilkan Daun Yang Segar

Cara Merawat Daun Sirih

Bagaimanca cara merawat daun sirih? Tanaman sirih merupakan tanaman yang sangat mudah terangsang akan adanya cahaya sinar matahari, sehingga dalam proses perawatan tanaman daun siri pencahayaan harus diperhatikan. Usahakan daun siri terkena 60 – 70 % sinar mata hari namun harus juga di perhatikan karna dapat menyebabkan daun siri cepat layu.

Dalam proses perawatan daun sirih memang sedikit suliat karena proses pencahayaan menjadi salah satu faktor dalam menghasilkan daun sirih yang segar. Karena jika daun sirih kelebihan sinar mata hari makan daun sirih akan berubah warna menjadi kekuningan dan memiliki rasa yang pedas.

Baca Juga: Cara Menanam Daun Kelor Kaya Akan Nutrisi

Cara Merawat Daun Sirih

berikut ini cara merawat daun sirih:

1. Pencahayaan Daun Sirih

pencahasaan pada daun sirih merupakan hal yang memiliki pengaruh besar terhadapat cita rasa daun sirih, jika daun sirih terkena cahaya yang berlebihan akan merubah warna daun menjadi kuning dan memiliki rasa yang lebih pedas. Sebalikanya jika daun siri berada pada tempat yang tedu maka daun siri akan berwarna hijau dan tidak terlalu pedas.

2. Pemebrian Pupuk Pada Tanam Sirih

Untuk pemberian pupuk pada tanaman sirih usahakan menggunakan pupuk yang sagak sejuk seperit pupuk kompos tai ayam karena pupuk ini memiliki sifat yang dingin. Tujuanya adalah menghasilkan daun siri yang lebih segar.

3. Membrantas Hama Pada Daun Sirih

Untuk proses perawatan selanjutnya, yang harus perhatikan adalah hama pada daun sirih. Yang harus anda lakukan adalah membersihkan gulma pada sekitar area daun sirih. Dan anda harus juga menyiram tanaman daun sirih agar dapat hidup 3x/seminggu, namun anda juga jangan lupa untuk memperhatikan media tanam jika masih basah tidak usah disiram.

Waktu Panen Daun Sirih

Daun sirih baru dapat dipaen setelah 12 bulan atau satu tahun dari sebelum tanam, agar daun siap untuk dipetik. Daun sirih yang siap untuk di panen memiliki adalah daun yang sudah memiliki 3 sampai 4 ruas yang berasal dari sulur. Untuk waktu panen sendiri sebaiknya dilakukan pada pagi hari agar dau dapa tetap segar.

Cara Memetik Daun Sirih

Daun yang siap untuk di panen adalah daun yang sudah tua yang memiliki warna mengkilap. Karea daun tersebut sudah memliki zat yang cukup. Untuk cara memetik daun sirih sebaikanya dilakukan mulai dari bawah hingga atas. Namun jika memanen dalam skala besar dan sudah dibutuhkan, anda dapat memanen daun yang terlhat lebi segar.

Tinggalkan komentar