Langkah-Langkah Cara Panen Cabe Yang Baik Dan Benar

Cara Panen Cabe Yang Baik Dan Benar

Cara Panen Cabe ~Dalam proses penanaman atau membudidayakan tanaman cabe, pasti akan tiba saatnya proses memanen cabe di lakukan. Dalam proses panen tersebut terdapat proses pemetikan tanaman cabe. Dalam proses cara panen cabe rawit dilakukan tidak dengan sembarang memetik cabe.

Jika salah dalam proses memanen cabe akan memberikan efek pada tanaman cabe baik secara umum maupun secara khusus pada organ tanaman cane.

Tanaman cabe merupakan salah satu tanaman yang dapat berbuah lebih dari satu kali. Pada saat cabe sudah mulai berbuah jangan memetik cabe sembarang karena dalam satu pohon cabe tidak akan matang secara merata. Terkadang terdapat beberapa buah yang tidak matang di dalam satu pohon cabe.

Baca Juga: Cara Merawat Tanaman Cabe Yang Baik dan Benar

Apa efek buruk ketika Ketika Melakukan Pemetikan Cebe Tidak Benar?

  1. Dapat merusak bunga yang akan tumbuh pada ketiak batang cabe
  2. Dapat menghambat pertumbuhan tanaman cabe secara keseluruhan
  3. Dapat menurunkan kualitas hasil panen cabe
  4. Dapat merusak tunas baru yang merupakan calon buah cabe
  5. Dapat membunuh organ buah yang sedang mengalami pertumbuhan primer

Ketika melakukan pemetikan pada buah yang matang harus benar-benar diperhatikan, karena jika sampai salah akan mempengaruhi pertumbuhan buah cabe yang masih mudah di sekitarnya sehingga berdampak pada proses berbuah pada periode berikutnya.

Langkah-langkah Cara Panen Cabe Yang Benar Menurut Petani Profesional

Cara Panen Cabe Yang Baik Dan Benar

Sehingga dalam proses pemetikan cabe rawit harus di perhatikan dan anda harus mengetahui teknik proses panen cabe yang baik dam benar. Berikut ini langkah-langkah dalam pemetikan cabe yang baik dan benar menurut Petani Profesional.

Baca Juga: Cara Menanam Cabe Hidroponik Yang Berkualitas Baik

  1. Untuk waktu pemetikan, sebaiknya memetik cabe pada waktu siang hari sudah mau memasuki sore hari atau menjelang waktu petang.
  2. Dalam proses pencabutan buah dari tangkai cabe, harus dilakukan searah jarum jam, jangan menarik ke atas. Karena ketika memetik cabe dengan cara menarik keatas akan dapat menyebabkan bunga cabe berguguran sedangkan belum terjadi penyerbukan oleh serangga.
  3. Dalam proses panen cabe, harus di prioritaskan buah cabe yang sudah tua atau matang sesuai kebutuhan. Jangan lupa sisakan buah yang masih mudah.
  4. Pada umumnya tanaman cabe akan berbuah dengan lebat, sehingga bunga cabe akan berhimpitan. Jadi dalam proses pemetikan buah cabe, tangan kanan memelintir buah cabe dam tangan kiri memegang batang cabe, agar bunga tidak berguguran.

Itulah dampak buruk ketika melakukan panen cabe yang kurang baik dan langkah-langkah cara panen cabe yang baik dan Benar menurut para petani profesional. Semoga dapat membantu anda dalam melakukan panen cabe agar menghasilkan hasil panen yang berlimpah dan berkualitas.

Tinggalkan komentar