5 Jenis Pohon Bidara Lengkap Dengan Gambarnya

Jenis Pohon Bidara Lengkap Dengan Penjelasannya

Jenis Pohon Bidara – Berikut ini beberapa jenis pohon bidara yang wajib anda ketahui karena pohon memiliki banyak sekali manfaat terutama dalam mengusir sihir, menangkal ilmu hitam atau santet. Bahkan pohon bidara sangat mulia dalam Sunnah nabi.

Perlu kamu ketahui ada berbagai jenis pohon bidara yang tersebar di muka bumi ini yaitu Bidara sidr, Bidara laut, Bidara China dan bidara upas yang banyak tersebar di  hutan kawasan Indo-China dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Sangat di sayang kan jika anda sampai melewati informasi ini. Nah Berikut ini jenis-jenis pohon bidara yang perlu anda ketahui yang masing-masing memiliki karakteristik, ciri-ciri, manfaat dan khasiatnya.

Baca Juga: Cara Menanam Pohon Bidara Dengan Benar

Berikut Ini Jenis Pohon Bidara Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasannya

#1 Bidara Upas

bidara upas

Bidara upas berbeda dengan beberapa pohon bidara lainnya. Pada umumnya pohon bidara memiliki duri yang tersebar di seluruh batangnya namun jenis pohon bidara upas ini tidak memiliki duri sedikit pun seperti dengan jenis pohon bidara lainnya.

Perbedaan bidara upas dengan Bidara lainnya bukan hanya sampai duri nya namun juga pada jenis tumbuhan nya. Pohon Bidara Upas termasuk dalam jenis tumbuhan umbi-umbian yang dapat merambat dan menjalar.

Jenis pohon bidara ini sering di manfaat sebagai tanaman obat-obatan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh pohon bidara upas adalah kencing batu, tuberkolosis, hingga diabetes.

Bidara Upas dapat di temukan dan tersebar di hutan kawasan Indo-China dan beberapa negara di Asia Tenggara khusus Filipina, Malaysia, Hingga Indonesia khususnya di pulau Jawa, Bali dan Ambon.

#2 Apel India (Putsa)

putsa

Putsa atau biasa disebut dengan apel India tidak termasuk ke dalam jenis pohon Bidara atau Rhamenaceae namun termasuk dalam keluarga Pohon Apel. Sehingga buah Putsa sangat mirip dengan buah apel pada umumnya.

Buah Apel India memiliki rasa manis bahkan tidak ada rasa asam, seperti apel pada biasanya. Jenis putsa juga tidak memiliki duri disekitar batangnya berbeda dengan pohon bidara pasa umumnya.

Kenapa Putsa masuk dalam jenis pohon bidara karena daun dari apel India ini sangat mirip dengan daun Bidara, bahkan sangat sulit untuk membedakan antara daun Bidara asli dengan daun putsa.

Namun biasanya pada menanam pohon putsa ini terkadang tumbuh tanaman batang di bawah batang pohon putsa namun pohon yang tumbuh tersebut memiliki duri. Anda jangan panik pohon yang tumbuh tersebut adalah pohon bidara yang asli.

Baca Juga: Tahap-tahap membudidayakan Pohon Bidara

#3 Bidara Sidr

bidara arab

Bidara sidr merupakan bidara yang asli sehingga banyak di cari oleh banyak orang hampir di seluruh penjuru dunia. Karena Bidara sidr ini memiliki banyak manfaat khusus nya di gunakan dalam media Ruqyah dan dapat mengusir berbagai jin dan sejenisnya.

Kenapa Jenis Pohon Bidara Sidr ini banyak di cari karena memang hampir seluruh bagiannya dapat di manfaatkan termasuk buahnya yang dapat dijadikan sebagai bahan minuman yang segar dan memiliki khasiat untuk tubuh.

Nama lain dari Bidara Sidr adalah Bidara Arab karena jenis pohon bidara sidr ini berasal dari Negara Arab. Bidara Sidr dampak Tumbuh di tempat yang kering seperti di kawasan Arab dan di berbagai Negara di Asia lainnya. Sehingga saat ini sudah banyak yang menjual bibit pohon bidara Arab ini.

#4 Bidara Laut

bidara laut

Bidara laut atau dengan nama latin strychnos lucida, sama dengan namanya bidara laut tersebar di sekitar hutan yang lokasinya dekat dengan laut.

Bidara laut tersebar di hutan dekat laut di beberapa Negara Indonesia yang Memiliki nama yang berbeda-beda. Seperti di daerah Sumatra tanaman Bidara memiliki nama Bidara pahit, bidara putih dan kayu ular.

Berbeda dengan di Sumatra, di pulau Jawa lebih dikenal dengan nama darah putih dan dara gunung. Sedangkan di pulau Madura lebih dikenal dengan nama songga dan buin. Dan menurut orang Bugis lebih dikenal dengan nama aju mapai dan bidara mapai.

Pohon bidara ini dapat diolah dengan cara di rebus untuk di manfaatkan, pohon bidara ini dapat di gunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti penyakit kulit, rematik, sariawan, malaria, demam dan pencuci darah yang alami.

Baca Juga: Ciri-ciri Daun Bidara Berdasarkan Jenisnya

#5 Bidara China

bidara china

Jenis pohon yang terakhir adalah bidara China dengan nama latin Ziziphus Zizyphus merupakan suatu jenis pohon yang memiliki daun rindang dan memiliki buah yang mirip dengan apel pada saat buah masih muda.

Nah ketika buahnya sudah tua makan warna buah nya akan berubah menjadi kecoklatan dan memiliki tekstur kulit yang keriput seperti buah kurma. Seusai dengan namanya pohon bidara ini di budidayakan di bagian timur negara China.

Penutup

Itulah artikel tentang berbagai jenis pohon bidara lengkap dengan penjelasan nya tentang karakteristik dan manfaatnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Tinggalkan komentar