√ 3 Jenis Tebu dan Sejarah Awal Mula Ditemukanya Tebu

Jenis Tebu dan Sejarah Tebu

Jenis Tebu ~ Nama latin tebu adalah Saccharum officinarum L Tebu Merupakan salah satu tanaman familia rumput-rumputan (Graminae). Selain itu tanaman tebu merupakan tanaman tropika basah, namun masih bisa tumbuh pada subtropika dan pada berbagai jenis tanah dari daratan rendah, mulai dari ketinggian 1,400 M di Atas Permukaan Laut (DPL)

Sejarah Tebu

Sebenarnya asal mula tebu belum diketahui, namun para ahli percaya bahwa tenaman tebu berasal dari papua newguinea. Selanjut nya tebu mulai menyebar ke kepulauan solomon serta kaledonia baru pa 8000 sebelum masehi. Dan di lanjutkan ekspansi tebu mulai menyebar ke Indonesia, filifina dan India pada tahun 6000 SM.

Setelah dari India, Tebu dibawah ke China dan kemudian di manfaatkan sebagai pemanis pada tahun 475 SM. Namun pada tahun 510 SM Pada saat Persia menguasai India Raja Darius menemukan batang rumputan yang dapat menghasilkan madu tanpa lebah.

Penemuan Tabuh ini sangat dirahasiakan namun produk hasil olahan nya di ekspor untuk mendapatkan keuntungan yang sangan besar. Namun setelah bangsa arab melakukan ekspansi besar-besaran ke Persia, mereka menemukan tanaman tebu dan mulai meneliti dan mengolah menjadi gula kristal.

Baca Juga: Jenis Pohon Bidara Lengkap Dengan Penjelasannya

Jenis Tebu

Jenis Tebu

Apa saja jenis-jenis tebu? Hingga saat ini ada 3 jenis tebu yang telah di temukan. Nah apa saja itu berikut ini 3 jenis-jenis tebu.

1. Tebu Morris

Tebu morris biasa juga dikenal dengan tebu kuning. Tebu kuning ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu memiliki kulit yang cukup keras, ruas yang panjang, memiliki warna air yang kelap keruh serta terkenal dengan rasanya yang manis. Jenis tebu morris ini banyak di temukan di Indonesia dan petani banyak yang menanam karena memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Baca Juga: Syarat Tumbuh Tanaman Tebu

2. Tebu Telur

Sesuai dengan namanya jenis tebu telur memiliki ciri khas kulit yang lembut di bandingkan dengan tebu kuning. Selain itu jenis tebu telur memiliki ruas yang pendek dan air nya berwarna hijau muda dan seperti tebu pada umumnya memiliki rasa yang manis. Daunnya sendiri tidak memiliki miang (bulu halus).

3. Tebu Iren

Tebu iren biasa disebut dengan tebu hitam, ciri khas tebu iren adalah batangnya yang berwarna ungu dan terdapat juga yang berwana merah tua sedangkan warna air perasannya adalah berwarna coklat gelap. Ukuran diameter batangnya lebih kecil dari jenis tebu lainnya.

Tinggalkan komentar