Pemupukan Tanaman Padi: Cara Pemupukan, Dosis dan Jenis Pupul

Pemupukan Tanaman Padi: Cara Dosis dan Jenis

Pemupukan Tanaman Padi – Sama seperti manusia tanaman padi juga jelas membutuhkan nutrisi untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan. Dengan memberikan pupuk pada tanaman padi dapat menjadi salah satu keharusan dalam membudidayakan tanaman padi.

Cara pemupukan padi merupakan salah satu kunci agar tanaman padi tumbuh dengan sehat dan dapat menghasilkan hasil panen yang melimpah. Jika petani salah dalam melakukan pemupukan padi akan memberikan dampak yang buruk pada tanaman padi, bisa saja pertumbuhan tanaman padi menjadi rusak.

Pemupukan Tanaman Padi Yang Baik

Bagaimana prosedur pemupukan padi yang bagus? Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses pemupukan padi yang akan di jelaskan dan diuraikan berikut ini seperti usia tanaman, waktu pemberian pupuk dan ketepatan memberikan pupuk. Berikut ini uraian nya.

Baca Juga: Hama yang dapat menyerang tanaman padi

#1 Perhatian Usia Tanaman Padi

Seperti manusia yang membutuhkan nutrisi sesuai dengan umurnya. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan orang dewasa dan bayi jelas berbeda sesuai dengan usianya. Begitu pun dengan tanaman padi setiap usia memiliki nutrisi khusus yang dibutuhkan.

Misalnya padi yang masih baru yang berusia 0 – 2 Minggu sangat membutuhkan fosfor (P), kalium (K) dan sulfur (S). Padi usia ini tidak terlalu membutuhkan urea (N). Sehingga pupuk SP sangat cocok diberikan pada tanaman padi yang masih muda.

#2 Tempat Tumbuh Tanaman Padi

Pernah kah anda mendapatkan rekomendasi pemberian pupuk pada daerah tertentu dan itu dapat meningkatkan hasil panen tanaman padi. Namun kami harus tahu tidak selamanya pemupukan yang digunakan di daerah tertentu dapat berhasil dilakukan karena setiap daerah memiliki kondisi tanah yang berbeda.

Sehingga tanah yang subur hanya membutuhkan pupuk yang sedikit di bandingkan dengan tanah yang kurang subur. Tanah yang kering membutuhkan pupuk yang berbeda dengan tanah yang basah. Namun pada umumnya setiap tanah harus memiliki zat hara untuk membantu pertumbuhan tanaman.

#3 Waktu Pemberian Pupuk

Waktu juga masuk dalam daftar hal yang mempengaruhi pemupukan tanaman padi, jika memberikan pupuk pada tanaman padi pada waktu yang salah dapat membuat pertumbuhan tanaman padi menjadi rusak. Sehingga waktu juga harus diperhatikan dalam memberikan pupuk dan harus mengontrol pemberian pupuk.

Kapan waktu yang pas untuk pemupukan tanaman padi? Waktu yang paling baik dalam melakukan pemupukan pada adalah pagi hari mulai pukul 8-10 pagi karena pada waktu tersebut embun sudah mulai menghilang dan dapat juga diberikan pada sore hari mulai pukul 16-17. Dan hindari pemberian pupuk pada saat mendung dan hujan karena dapat menghilangkan pupuk.

#4 Jangan Terlalu Cepat dan Jangan Terlalu Lambat

Selain memperhatikan waktu pemberian pupuk anda juga harus memperhatikan kapan tanaman padi membutuhkan nutrisi. Ketika baru menanam jangan langsung diberikan pupuk karena jika pemberian pupuk terlalu cepat bisa saja tanaman belum siap sehingga pertumbuhan akan terganggu.

Tanaman padi pada usia 40 hari sebaiknya memberikan pupuk N, karena pada waktu itu tanaman padi sudah mulai membentuk gabah. Sehingga sebaiknya jangan memberikan pupuk sebelum genap 40 hari karena dapat menggangu pembentukan gabah. Dan jangan juga lambat dalam memberikan pupuk karena bisa saja tidak dapat memberikan hasil panen yang maksimal.

Baca Juga: Penyakit Tanaman Padi dan Cara Mengatasinya

Jenis dan Dosis Pupuk Pada Tanaman Padi

Pemupukan Tanaman Padi

Dalam melakukan pemberian pupuk pada tanaman padi harus terkontrol dan terjadwal berdasarkan fase pertumbuhan tanaman padi. Dengan dilakukan secara teratur dapat membantu terpenuhi nya nutrisi pada tanaman padi.

Selain itu anda juga harus memperhatikan dosis pupuk jangan terlalu banyak maupun terlalu sedikit karena dapat mempengaruhi pertumbuhan padi. Berikut ini jenis dan dosis pupuk tanaman padi yang baik.

  • Pemberian Pupuk susulan I: Pemberian Pupuk susulan pertama diberikan ketika tanaman padi berumur 7 – 10 HST. Pupuk yang digunakan adalah 75 kg pupuk Urea, 100 kg pupuk SP-36 dan 50 kg pupuk KCl per hektar.
  • Pemberian Pupuk susulan II: Pemberian Pupuk susulan kedua diberikan ketika tanaman padi berumur 21 HST. Pupuk yang digunakan adalah 150 kg pupuk Urea per hektar.
  • Pemberian Pupuk susulan III: Pemberian Pupuk susulan ketiga diberikan pada saat tanaman padi berumur 42 HST. Pupuk yang digunakan adalah 75 kg pupuk Urea dan 50 kg pupuk KCl per hektar.

Tabel kebutuhan hara, sumbangan hara dari tanah dan defisit hara

Target hasil (Ton/ha)Kebutuhan Hara (kg/ha)Sumbangan hara dari tanah (kg/ha)Defisit hara tanaman (kg/ha)
5 Ton/HektarNitrogen 90 kgPhosphor 16 kgKalium 90 kg
Nitrogen 40 – 65 kgPhosphor 12 – 19 kgKalium 60 – 100 kg
Nitrogen 25 – 50 kgPhosphor 0 – 4 kgKalium 0 – 30 kg
Tabel Kebutuhan Hara

Demikianlah artikel tentang pemupukan tanaman padi mulai dari cara pemupukan, prosedur mepupukan, dosis pemupukan padi yang bagus dan jenis pupuk yang baik. Semoga bermanfaat.

  • Referensi: Mitalom.com dan Pioneer.com
  • Sumber Gambar: Haifa-Group.com

Tinggalkan komentar