Jenis Pupuk Tanaman Cabai Agar Menghasilakan Cabe Berkualitas

Pupuk Tanaman Cabai

Pupuk Tanaman Cabai, Terdapat beberapa jenis pupuk tanaman cabai yang sering digunakan para petani dalam proses membudidayakan tanaman cabe. Guna untuk membantu memenuhi kebutuhan tanaman cabe dalam proses pertumbuhannya.

Apa tujuan pemberian pupuk tanaman cabe? Ada beberapa tujuan pemberian pupuk pada tanaman cabe yaitu, agar cabe dapat tumbuh dengan sehat, subur dan besar, penyubur tanaman cabe, agar cabe cepat berbuah dan lebat, mendapatkan hasil panen yang tinggi, bebas dari virus dan dapat menambah warna merah pada lombok.

Dalam pemberian Jenis Pupuk penyubur tanaman cabe dilakukan tidak sembarang waktu dan jenis pupuk yang harus diperhatikan jangan sampai salah. Misalnya pemberian jenis pupuk yang khusus cabe yang sudah berbunga diberikan sebelum waktunya itu dapat memberikan pengaruh buruk pada tanaman cabe nantinya. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa jenis pupuk untuk tanaman cabe.

Baca Juga: Cara Menyemai Bibit Cabe Agar Menghasilkan Buah Yang Melimpah

Jenis Pupuk Tanaman Cabai

  • Pupuk Kandang
  • Pupuk Larutan Phonska Cair
  • Pupuk Kompos dan Pupuk Daun
  • Pupuk Buatan

Berikut ini Penjelasan dari beberapa jenis pupu tanaman cabe di atas.

#1 Pupuk Kandang

Pupuk Tanaman Cabai

Sesuai dengan namanya, Pupuk kandang merupakan pupuk organik yang diolah dari kotoran hewan yang dikumpulkan dari kandang hewan dari peternakan. Pupuk kandang berfungsi untuk menambah kesuburan pada struktur tanah dan mampu menahan air sehingga dapat menambah produktivitas tanam cabe agar cabe berbuah dengan lebat.

Pupuk kandang dapat memberikan kekebalan pada tanaman cabe dari serangan penyakit atau virus. Dari pembentukan enzimatis dapat memberikan kekebalan pada tanaman cabe terhadap cuaca baik itu musim hujan maupun musim kemarau.

Baca Juga: 4 Jenis Penyakit Yang Dapat Menyerang Tanaman Cabe

Untuk cara penggunaan pupuk kandang dapat dilakukan pada saat proses semai tanaman cabe, pupuk kandang dicampur dengan tanah kemudian digunakan sebagai media tanam untuk tempat tumbuh tanaman cabe.

#2 Pupuk Larutan Phonska Cair

Pupuk Larutan Phonska Cair berfungsi untuk merangsang obat penyubur dan merangsang pertumbuhan tunas pada ketiak daun. Selain itu pupuk ini juga memiliki kelebihan dalam merangsang pembentukan bunga sehingga dapat berbuah lebat.

Pupuk Pupuk Larutan Phonska Cair ini juga memiliki kelebihan dapat menyembuhkan tanaman cabai dari berbagai penyakit dan dapat mengusir hama. Pupuk ini juga cocok di gunakan pada musim penghujan.

Untuk cara penggunaan Pupuk Larutan Phonska Cair dapat dilakukan dengan cara menyiram kan pada tanaman yang terkena serangan penyakit atau hama.

Baca Juga: Cara Merawat Cabe Rawit Agar Panen Melimpah

#3 Pupuk Kompos dan Pupuk Daun

Pupuk Kompos atau pupuk daun merupakan salah satu pupuk alami karena dibuat dari beberapa unsur yang diambil dari alam dan dicampurkan dengan tanah di dalam penyemaian. Unsur yang terkandung di dalam Pupuk Kompos atau Pupuk Daun Nitrogen, Fosfor dan Kalium yang dibutuhkan oleh tanaman cabe.

#4 Pupuk Buatan

Pupuk buatan biasa disebut dengan pupuk anorganik. Pupuk buatan merupakan pupuk tunggal karena hanya mengandung satu unsur hara. Pupuk buatan ini tergolong dalam pupuk yang sangat penting bagi tanaman cabe karena dengan pupuk ini dapat membuat tanaman cabe tumbuh dengan maksimal. Contoh pupuk anorganik adalah pupuk Urea, SP-36, KCI dan NPK mutiara.

Demikianlah artikel tentang beberapa jenis Pupuk Tanaman Cabai. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam memilih jenis pupuk yang baik untuk tanaman cabe anda. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan komentar