Awal Mula Sejarah Tanaman Padi Di Indoneisa dan Dunia

Sejarah Tanaman Padi

Awal Mula Sejarah Tanaman Padi di Indoneisa

Tanaman Padi dengan bahasa latin Oryza sativa merupakan tanaman yang sangat penting pada peradaban dunia khususnya Indonesia. Karena tanaman padi yang di oleh menjadi beras merupakan bahan makanan pokok orang Indonesia. Namun tahukah kamu akan syajarah tanaman padi. Tanaman padi masuk ke indonesia 1500 SM yang dibawah oleh nenek moyang yang bermigrasi dari Daratan Asia. Diduga padi berasal dari India atau Indochina yang awalnya adalah padi liar.

Baca Juga: Cara Budidaya Tanaman Padi Dengan Hasil Yang Melimpah

Padi sudah dikenal sebagai tanaman pangan sejak jaman prasejarah (Purnamaningsih, 2006). Bukti sejarah menunjukkan bahwa penanaman padi di Zheijiang (China) sudah dimulai pada tahun 3000 SM. Fosil butir padi dan juga gabah telah ditemukan di Hastinapur Uttar Pradesh India sekitar 100-800 SM (Purwono dan Purnamawati, 2007). Para sejarawan juga mengemukakan bahwa tanaman padi menyebar dari India ke negara-negara Asia bagian timur seperti Jepang, Filipina dan kepulauan di laut Pasifik (Silitonga, 2004).

Padi termasuk famili Graminae, Sub family Oryzidae dan genus Oryzae. Dari lebih kurang 25 spesies anggota genus Oryzae yang sering di budidayakan adalah Oryza sativa L. dan O. glaberima Steund. Oryza sativa berbeda dengan O. glaberima karena spesies ini memiliki cabang-cabang skunder yang lebih panjang pada malai, daun dan ligula. Kedua spesies ini berasal dari leluhur yang sama yaitu O. parennis Moench yang berasal dari Goudwanaland. Pra evolusi kedua kultigen tersebut berkembang menjadi 3 ras ekogeografik, yaitu sinic (japonica), indica dan javanica (Firmanto, 2011).

Referensi: Wikipedia

Tinggalkan komentar