√ Syarat Tumbuh Tanaman Jagung Agar Hasil Lebih Melimpah

Syarat Tumbuh Tanaman Jagung

Syarat Tumbuh Tanaman Jagung

Jagung merupakan tanaman yang berasal dari daerah tropis. Tanaman jagung juga sering dikenal sebagai tanaman yang mudah dibudidayakan. Jagung juga dapat tumbuh di tanah yang kering maupun subur, dari kemudahan tersebut membuat masyakat gemar dalam membudidayakan jagung.

Selain itu janggung dijadikan sebagai pengganti makanan pokok seperti beras dan gandum sehingga kebutuhan jagung cukup besar baik dalam maupun luar Negri. Harga jual jagung tergolong baik sehingga dapat dijadikan tanaman yang cocok dibudidayakan oleh masyarakat.

Jika Anda ingin membudidayakan jagung, artikel ini sangat cocok untuk Anda baca karena petani ulung akan membahas tentang syarat tumbuh jagung sehingga jagung dapat tumbuh dengan baik dan berkualitas tinggi serta hasil panen jagung melimpah.

Baca Juga Yah: Cara Budidaya Tanaman Jagung Agar Hasil Maksimal

Syarat Tumbuh Jagung

persyaratan tumbuh tanaman jagung ada beberapa yang harus Anda perhatikan diantaranya curah hujan, suhu, media tana dan ketinggian. Namun ke 4 syarat tersebut tidak selamanya menjadi landasan utama dalam persyaratan tumbuhnya tanaman jagung. Berikut penjelasannya.

#1 Kemiringan Lahan

Kemiringan lahan jagung masuk dalam faktor syarat tumbuhnya jagung, karena kemiringan lahan berpengaruh pada gerakan air yang terjadi pada permukaan tanah. Selain itu lahan dengan kemiringan cukup terjal dapat terjadi longsor dan erosi yang dapat berdampak pada tanaman jagung.

Lahan yang miring dapat ditanami jagung jika kemiringannya hanya 8 % karena pada kemiringan tersebut kecil terjadinya erosi. Namun pada kemiringan 8 % air hujan akan terbagi, ada yang meresap ke dalam tanah dan ada yang mengalir ke dataran rendah sehingga tidak merata. Jika andai nging tanaman jagung di dataran dengan kemiringan 8 % sebaiknya membuat teras agar mengurangi aliran air kedataran rendah.

#2 Media Tanam

Media tanam dihubungkan dengan kondisi keadaan tanah. Seperti yang telah dikatakan di atas jagung dapat tumbuh di segala kondisi tanah baik yang kering maupun subur. Namun untuk menghasilkan jagung yang berkualitas dan melimpah sebaiknya tanam pada tanah yang subur yang kaya akan humus, mengandung kapur dan gembur.

Pada umumnya jagung tidak membutuhkan air yang banyak dan tidak sedikit, namun jagung akan tumbuh baik jika air selalu tersedia. Pada saat jagung dalam proses berkecambah jagung akan membutuhkan banyak air untuk proses perkembangan.

Baca Juga Yah: Cara Tanam Jagung di Polybag dengan Mudah

#3 Ketinggian Tempat

Syarat ketinggian untuk tumbuhan jagung berada antar 0 hingga 1800 mdpl. Namun untuk hasil yang maksimal tanaman jagung dapat dibudidayakan pada ketinggian 600 mdpl. Pada soal ketinggian yang harus diperhatikan adalah kesediaan air dengan kedalaman tanah 50 hingga 200 cm.

Selain itu kondisi tanah juga harus diperhatikan. Jika tanah memiliki kandungan garam 7 % akan dapat menghambat pertumbuhan jagung (Carak Cek Kandungan Garam pada Tanah). Akan lebih baik jika tana lebih banyak mengandung kapur untuk membantu pertumbuhan tanaman jagung.

#4 Suhu Harus Optimal

Tanam jagung akan dapat tumbuh pada suhu kisaran 21 hingga 30 derajat Celsius. Karena jagung tergolong tumbuh tropis yang dapat menyesuaikan pada lingkungannya sehingga jagung sangat mudah tumbuh di Indonesia yang tergolong sebagai negara tropis.

Baca Juga Yah: Inilah Penyakit Yang Dapat Menyerang Jagung dan Cara Mengatasinya

Sejauh ini suhu tidak menjadi masalah pada tumbuhan jagung. Namun yang harus Anda perhatikan adalah waktu yang tepat untuk memanen jagung. Sebaiknya panen jagung pada musim kemarau agar kematangan biji menjadi lebih maksimal dan pada proses pengeringan menjadi lebih mudah sehingga waktu tanam jagung bagusnya di tanam pada saat musim hujan sudah hampir berhenti.

#5 Curah Hujan

Curah hujan yang cocok untu tanaman jagung adalah antara 250 mm hingga 5000 mm. jika curah hujan lebih tinggi dari angka tersebut akan beresiko pada kualitas dan kuantitas yang dapat dihasilkan. Karena jagung dapat kelebihan air. Kebutuhan air yang banyak hanya dibutuhkan pada saat proses pertumbuhan kecambah, pembentukan biji dan pertumbuhan bunga.

Tinggalkan komentar