√ 4 Syarat Tumbuh Tanaman Tebu Agar dapat Tumbuh Dengan Baik

Syarat Tumbuh Tanaman Tebu

Tanaman tebu merupakan tanaman tropis dan subtropis sehingga sangat mudah menyesuaikan dengan iklim sekitarnya. Di Indonesia sendiri sudah banyak ditemukan pertanian tebu, sehingga banyak masyarakat membudidayakan tanaman tebu. Namun sebelum menanam tebu anda harus tahu apa saja syarat tumbuh tanaman tebu.

Sebelum memulai membudidayakan tanaman tebu petani harus tahu apa saja syarat tumbuh tanaman tebu agar tanaman tebu dapat tumbuh subur dan berkembang secara maksimal sehingga dapat menghasilkan hasil panen yang melimpah. Nah pada umumnya tanaman tebu dapat tumbuh pada daerah yang memilki suhu tropis hingga subtropis yaitu di sekitar garis khatulistiwa sampai garis isotherm.

Syarat Tumbuh Tanaman Tebu

Nah apa saja Syarat Tumbuh Tanaman Tebu? Berikut ini Syarat Tumbuh Tanaman Tebu yang harus anda ketahui sebelum memulai membudidayakan tanaman tebu.

1. Ketinggian 100 – 1000 m dpl

Tanaman tebu dapat ditanam pada dataran rendah hingga tinggi yaitu sekitar 100 hingga 100 m dpl namun tanaman tebu akan tumbuh lebih baik pada dataran yang lebih rendah yang memiliki yang kering yang curah hujan yang tidak terlalu banyak. Berbeda dengan di dataran tinggi pertumbuhan dan perkembangan akan terhambat karena memiliki suhu yang relatif rendah.

Di Indonesia sendiri memiliki batas maksimal ketinggian yang dibutuhkan tanaman tebu yaitu di antara 500 hingga 700 m dpl, namun tidak jarang juga yang menanam tebu lebih dari ketinggian tersebut namun siklus pertumbuhan akan semakin lama yaitu 14 – 18 bulan.

Baca Juga: Jenis tebuh dan sejarah tebu

2. Suhu 26 – 30 °C

Syarat Tumbuh Tanaman Tebu selanjutnya ditentukan oleh suhu baik itu suhu pada malam hari maupun siang hari, suhu yang baik pada siang hari adalah antar 26 – 30 °C, sedangkan malam harus di bawah adalah 18 °C agar pertumbuhan glukosa semakin meningkat.

3. Curah Hujan

Yang ketiga adalah curah hujan. Curah hujan yang dibutuhkan oleh tanaman tebu adalah sekitar 1.700 hingga 2.500 mm per tahunnya. Namun jika diperkirakan curah hujan di bawah 1.700 mm maka diperlukan irigasi yang baik agar air dapat tercukupi.

4. Sifat Tanah Ph 5-8

Ph pada tanah juga berperan penting dalam pertumbuhan tanaman tebu, karena tanaman tebu memerlukan tanah yang subur, tanaman tebu dapat tumbuh dengan maksimal pada tanah yang gembur dan memiliki aliran irigasi, selain itu kadar pH juga harus berada di antara 5 hingga 8 dan mempuyai  nutrisi dan kemampuan untuk menahan air.

Itu lah syarat tumbuh tanaman tebu, dengan mengetahui syarat tumbuh tebu, di harapkan para petani dapat menghasilkan hasil panen tebu yang maksimal. Semoga Bermanfaat,

Tinggalkan komentar