√ Tanam Padi Jajar Legowo Dapat Menambah Hasil Panen

Tanam Padi Jajar Legowo

Apa Itu Jajar Legowo?

Menurut Wikipedia jajar legowo satu sistem yang digunakan dalam menanam padi di Indonesia yang pada dilakukan dengan cara mengatur jarak antar tanaman yang satu dengan yang lainnya pada saat penanaman. Sistem ini telah terbukti dapat meningkatkan hasil padi dibanding dengan penggunaan sistem tradisional.

Pengertian jajar legowo menurut bahasa di ambil dari bahasa jawa yaitu lego dan dowo, yang di mana lego artinya lega/renggang sedangkan dowo artinya panjang. Sistem tanam padi jajar legowo diperkenalkan pertama kali pada tahun 1996 oleh seorang yang bekerja pada dinas pertanian banjarnegra, Legowo.

Namun sistem tanam jajar legowo sebenarnya susunan tanaman padi yang ditanam dan diselingi oleh satu baris kosong kemudian tanami kembali dengan susunan tanaman padi.

Baca Juga: Syarat Tumbuh Tanaman Padi Agar Hasil Melimpah

Kelebihan Sistem Jajar Legowo

Terdapat beberapa keuntungan sistem menanam padi dengan cara jajar legowo baik itu jajar legowo 2:1 atau jajar legowo 4:1 yang dapat meningkatkan produktifitas hasil pertanian tanaman padi.

  • Terdapat ruang yang luas, yang dapat memperlancar masukannya cahaya matahari sehingga kedua baris tanaman dapat menerima asupan cahaya yang cukup
  • Dapat menambah populasi tanaman 25%
  • Padi yang ada di barisan pinggir langsung mendapatkan sinar matahari yang optimal
  • Dapat mengurangi serangan hama tikus

Syarat Sistem Tanam Jajar Legowo

  • Lahan tidak memiliki berteras, walaupun berteras kemiringan lahan nya< 25% (lebar petakan > 3 m)
  • Takaran dalam pemberian pupuk ditambah 10-20 %
  • Lahan digenangi pada umur 7 hari setelah tanam
  • Barisan tanam dibuat searah sinar matahari
  • Bibit yang digunakan masih muda, sehingga pertumbuhan anakan semakin cepat dan dapat menekan gulma

Cara tanam padi jajar legowo 2:1 adalah cara tanam berselang-seling dua baris dan satu baris dikosongkan sedangkan legowo 4:1 cara tanam berselang-seling empat baris dan satu baris dikosongkan. Untuk mempermudah proses tanam padi jajar legowo ada sebuah alat yang digunakan berupa caplak yang berfungsi untuk memberikan tanda dimana posisi padi akan ditanam.

Caplak yang telah dibuat sedemikian rupa agar mempermudah proses penanaman padi jajar legowo. Jenis caplak yang digunakan bernama caplak enjang yang buat oleh bapak enjang dari kabupaten purwakarta.

Gambar Jajar Legowo 4:1

Pratinjau(buka di tab baru)

Gambar Jajar Legowo 2:1

Jajar legowo 2 1

Referensi: Wikipedia dan banjarkota.go.id

Tinggalkan komentar